Trik Mendesain Ruang Tamu Kecil Agar Terlihat Cantik

Diposting pada

Bagaimana trik mendesain ruang tamu kecil yang ideal? Walaupun ruang tamu Anda kecil, semua bisa didesain sehingga menciptakan kesan asri, rapi dan nyaman.

5 Trik Mendesain Ruang Tamu kecil Agar Terlihat Cantik

=================================================================

Foto: pinterest.com

Punya ukuran rumah yang kecil bukan berarti membuat Anda sulit berkreasi. Hanya saja perlu disesuaikan dengan kondisi yang ada, termasuk bagaimana membuat kreasi yang lebih kreatif dan unik. Trik mendesain ruang tamu kecil perlu Anda ketahui agar walaupun kecil rumah Anda tetap terlihat asri dan menarik.

Bagi Anda yang punya rumah ukuran tipe 36 misalnya, sebuah dilema bukan menata ruangan. Apalagi jika Anda terbiasa dengan banyak barang tidak penting. Hal ini perlu Anda perhatikan agar tidak membuat kesan rumah Anda ternyata sumpek dan terkesan berantakan. Berikut tips bagaimana mendesain sebuah ruang tamu ukuran kecil agar tampak menarik.

Gunakan Furniture yang Simple

Tips menata ruang tamu kecil yang pertama adalah soal furniture. Ruangan kecil harus diminimalkan mungkin jumlah furniturenya. Anda tak bisa berkreasi sama dengan tipe rumah 60 misalnya.

Pilihlah jenis furniture seperti sofa atau meja kursi sederhana yang simpel. Anda bisa tetap menggunakan model warna minimalis seperti warna metal yang dikombinasikan dengan warna-warna terang.

Soal konsep desain bisa tetap dikreasikan, hanya saja pilihlah jenis furniture yang simple dan sederhana. Termasuk lemari. Tak perlu ada lemari besar di ruang tamu, gunakan semacam rak sederhana yang diletakkan dengan dengan sofa atau kursi tamu kecil yang ditata di bagian pojok ruangan.

Tambahkan Kaca Cermin Pada Hiasan Dinding

Bagi Anda yang ingin meletakkan furniture di ruangan tamu dengan ukuran kecil bisa mencoba konsep lemari dinding. Misalnya untuk meletakkan buku di ruang tamu, hiasan bunga kecil dan sebagainya. Namun, tetap harus Anda perhatikan jumlah dan ukurannya harus tetap proporsional agar tidak mendominasi ruangan.

Konsep dengan menambahakan kaca cermin sebagai pantlan tuangan yang bisa meningkatkan space harak pandang mata sehingga bisa lebih luas, ini lebih menghemat ruangan. Saat ini di pasaran juga banyak dijual lemari dinding yang simpel tetapi tidak mengurangi keindahan atau estetika dari furniture tersebut. Mau coba untuk ruang yang lain? Juga sangat mungkin jika ukuran ruang tersebut sama kecilnya.

Menciptakan Kesan Luas dari Warna Cat pastel & Netral

Warna cat untuk ruang tamu kecil perlu disiasati. Jika ruang tamu Anda kecil maka bisa disiasati dengan konsep cat ruangan dengan warna-warna soft yang lebih menciptakan kesan luas. Cari warna soft yang paling sesuai dengan selera Anda dan tetap disesuaikan dengan tema atau desain model rumah Anda sendiri.

Gunakan jenis cat yang berkualitas agar lebih tahan lama dan membuat kesan ruangan lebih elegan. Walaupun ukuran ruang tamu Anda kecil, pastikan setiap komponennya berkualitas sehingga orang tetap memandangnya istimewa dan nyaman disinggahi. Pilih jenis cat dari merk terbaik sehingga suasana lebih nyaman dan saat duduk bersandar pun cat tak bermasalah.

Pilih Tirai Jendela yang Tipis & Transparan

Bila Anda memiliki ruang tamu yang kecil, jangan memilih model tirai jendela dari bahan kain yang tebal, sebaliknya pilihlah dari bahan yang tipis, ringan dan transparan. Model tirai seperti ini akan lebih memberi kesan luas pada ruangan karena terhubung dan terlihat langsung dengan ruangan di luar jendela.

Tirai jendela untuk ruang tamu kecil ini juga bisa menggunakan warna-warna yang lebih soft sesuai dengan desain konsep warna ruangan yang Anda gunakan. Bisa dipadukan dengan cermin atau kaca pada beberapa bagian ruangan. Kesan pantulan dari sebuah cermin atau kaca ini akan memberi kesan lebih luas pada ruangan.

Pilihlah Model Keramik yang Sesuai

Bila ruangan Anda kecil maka Anda perlu juga memperhatikan motif keramik lantai yang digunakan. Keramik lantai untuk ruangan kecil disarankan menggunakan motif bergaris yang bisa memberi kesan ruangan terlihat lebih panjang dari ukuran sebenarnya. Selain itu bisa juga menciptakan kesan mencolok dengan perpaduan warna hitam dan putih.

Perhatikan sekarang bagaimana motif lantai keramik di rumah ukuran kecil yang Anda miliki? Kesannya akan sangat terlihat jika Anda salah memilih jenis motif keramik tersebut.

Kesalahan banyak orang dalam mendesain ruang tamu kecil adalah tidak memperhatikan kapasitas ruangan terhadap beban barang atau furniture yang sesuai. Banyak orang hanya berpikir jika sesuatu yang penting sesuai dengan kebutuhan dan kesukaannya tapi memperhatikan kesan estetika yang ditimbulkan.

Model desain ruang tamu ukuran kecil ini menuntut kreativitas pemiliknya untuk bisa menata sedemikian mungkin, lebih kreatif dan lebih indah. Perhatikan unsur estetika sebuah ruangan, sehingga orang bisa berkata, ‘rumah itu walaupun kecil tetapi tetap cantik dan asri’. Jadi ternyata rumah itu bukan soal ukurannya, tetapi bagaimana kita menatanya.

Ciptakan kesan rapi, cantik, indah dan asri pada rumah kecil Anda. Terutama bagian ruang tamu yang akan jadi penilaian orang-orang yang datang berkunjung. Trik mendesain ruang tamu kecil di atas bisa Anda praktikkan untuk mendapatkan kesan ruang tamu yang lebih ideal.